1/20/2012

Makhluk Mitos Yunani

• Mitologi
Istilah Mitologi telah dipakai sejak abad 15, dan berati “ilmu yang menjelaskan tentang mitos”. Di masa sekarang, Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, Mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun meliputi beberapa aspek.

• Makhluk legenda
Makhluk dalam legenda merupakan makhluk mitologis dan hidup dalam cerita rakyat (seringkali dikenal sebagai “makhluk ajaib” dalam buku-buku sejarah). Beberapa makhluk, seperti misalnya naga dan Griffin, memiliki asal muasal dalam mitologi tradisional mereka, dan dipercaya merupakan makhluk yang benar-benar ada. Beberapa di antaranya berdasarkan kenyataan, yang mungkin faktanya diputarbalikkan oleh kisah para pengembara; seperti misalnya “Sayuran beranak dari Tartaria”. Kisah Unicorn mungkin muncul dari cerita tentang badak yang diputarbalikkan kenyataannya
Griffin

Griffin biasanya dikarakteristikan sebagai singa dengan kepala dan sayap elang. Diyakini sebagai makhluk yang sangat kuat karena singa sebagai raja dari binatang dan elang adalah raja dari burung. Pada jaman kuno, dianggap sebagai pelindung Tuhan. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan dari Para Pembaca Budiman Adalah Motivasi Saya